PERBEDAAN CIRCUIT SWITCHING DAN PACKET SWITCHING

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh…

ketemu lagi bersama saya di web yang sederhana ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan anda sedikit pengetahuan mengenai perbedaan Circuit Switching dengan PackeT Switching. ok langsung saja ya simak penjelasan berikut ini…

  • CIRCUIT SWITCHING

Circuit Switching merupakan metodologi penerapan jaringan telekomunikasi dimana dua node jaringan membentuk suatu saluran komunikasi khusus melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi. rangkaian menjamin bandwidth penuh dari saluran dan tetap terhubung selama sesi komunikasi. Circuit Switching berbeda dengan Packet Switching yang membagi data lalu akan ditransmisikan menjadi paket-paket ditransmisikan melalui jaringan secara mandiri.

Prinsip Kerja Circuit Switching:

  1. Pembangunan Sirkuit: Sebelum terjadi komunikasi antara transmitter dan receiver, terlebih dahulu membangun suatu jaringan sirkuit yang akan dilewati data yang akan dikirimkan dari transmitter (pengirim) ke receiver (penerima).
  2. Transfer Data: Setelah sirkuit terbangun, maka agar data bisa sampai ke receiver harus dilakukan transfer data dari transmitter ke receiver. Data yang dikirim akan dilewatkan di sirkuit yang sudah dibangun sebelumnya.
  3. Diskoneksi Sirkuit: Receiver akan mengirimkan konfirmasi ke sirkuit transmitter bahwa data sudah diterima agar koneksi dapat diakhiri.

Kelebihan Circuit Switching:

Karena menggunakan jalur yang tetap, sehingga mempunyai kemungkinan yang kecil terjadinya kesalahan pengiriman data dikarenakan alamat yang dituju salah.

Kekurangan Circuit Switching:

Mengurangi efisiensi penggunaan suatu jaringan sirkuit. Karena jaringan sirkuit hanya bisa digunakan oleh user tertentu saja.

  • PACKET SWITCHING

Packet Switching merupakan metode jaringan komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan terlepas dari konten, tipe struktur, atau menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket.

Prinsip Kerja Packet Switching:

  1. Saat transmitter menerima paket data dari sumber, paket data tersebut kemudian akan dipecah-pecah terlebih dahulu sebelum ditransmisikan, sehingga paket data tersebut akan terpecah menjadi beberapa bagian paket data dengan ukuran yang kecil-kecil. Kemudian paket-paket data tersebut diberi nomor urut sesuai susunan data yang di terima dari sumber.
  2. Setelah itu paket-paket data di transmisikan ke receiver melewati jaringan sirkuit yang ditentukan oleh router, sehingga sirkuit yang akan dilewati akan berbeda-beda sesuai yang dikehendaki oleh router.
  3. Setelah paket-paket data yang ditransmisikan telah sampai di receiver lengkap, kemudian receiver menyusun ulang paket-paket data tersebut sesuai dengan nomor urutnya.

Kelebihan Packet Switching:

Dapat mengirimkan paket data ke beberapa tujuan sekaligus dengan cepat.

Kekurangan Packet Switching:

Paket yang dikirimkan mempunyai kemungkinan untuk hilang atau corrupt saat pengiriman.

  • PERBEDAAN CIRCUIT SWITCHING DENGAN PACKET SWITCHING
  1. Circuit Switching:¬†Tergantung pada path transmisi, Transmisi data secara kontinu, Interaksi yang cukup cepat, Message-message tidak disimpan, Path dibentuk untuk seluruh percakapan, Delayy setup panggilan; delay transmisi diabaikan, Sinyal sibuk bila party yang dipanggil sibuk, Kelebihan beban mungkin memblok setup panggilan; tidak ada delay untuk pembentukan panggilan-panggilan Elektromekanikal atau komputerisasi switching node, Pemakai bertanggung jawab untuk kehilangan proteksi message, Biasanya tidak ada konversi kecepatan atau kode, Bandwidth transmisi yang tetap, Tidak ada kelebihan bit-bit setelah setup panggilan. sedangkan…
  2. Packet Switching: Tidak tergantung, Transmisi paket-paket Idem, Paket-paket mungkin disimpan sampai dikirim, Rute terbentuk untuk tiap paket, Delay transmisi paket, Pengirim mungkin memberitahukan jika paket tidak dikirimkan, Kelebihan beban meningkatkan delay paket, Small switching node, Jaringan mungkin bertanggung jawab untuk paket-paket individu, Ada Pemakaian bandwidth yang dinamis, Kelebihan bit-bit dalam tiap message.

mungkin hanya itu saja, maaf jika kurang dapat dimengerti, terimakasih

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh…

REFERENSI:

  1. http://firzandreauliarahma.blogspot.com/2014/08/pengertian-circuit-swithching-dan.html
  2. http://irham93.blogspot.com/2013/06/perbedaan-prinsip-kerja-packet.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *