PERBEDAAN LAN, MAN & WAN

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh…

bertemu kembali bersama saya di web yang sederhana ini, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan sebuah pelajaran mengenai perbedaan dari LAN, MAN & WAN? ok untuk mempersingkat waktu kita simka saja penjelasan berikut ini:

  • LAN (Local Area Network)

LAN merupakan jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km,  Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan sebuah jaringan komputer yang areanya hanya mencakup antar wilayah, kota atau bahkan negara. WAN juga dapat didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan penggunaan router dan saluran komunikasi publik. WAN ini sangat luas, oleh karena itu radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lain melalui router.

mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon maaf, sekian terimakasih…

Wassalamu’alaikum wa arahmatullahi wa barakatuh…

REFERENSI:

  1. https://www.laptopsiipat.com/2017/12/perbedaan-lan-man-dan-wan.html
  2. http://darkphantom-tekaje.blogspot.com/p/lan-vs-man-vs-wan.html
  3. https://mywordmyworldweb.wordpress.com/2017/03/31/perbedaan-dan-persamaan-antara-jaringan-lan-man-dan-wan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *